Rangka Baja Ringan bukan Jaminan Rumah Bebas Rayap

Saturday, 11. February 2012

Serangan Fatal Rayap pada Gypsum

Salah satu cara mengurangi serangan rayap adalah dengan menggunakan rangka atap baja ringan untuk konstruksi atap rumah. Memang benar baja ringan tidak akan dimakan oleh rayap. Akan tetapi taukah Anda…?populasi rayap yang berkembang di dalam tanah tidak memperdulikan apapun bentuk bahan rumah Anda. Rayap sepertinya berang dengan “porsi” makanan yang berkurang dengan pemakaian rangka atap baja ringan. Penggunaan Jasa Anti Rayap-pun seolah olah dikesampingkan oleh pemilik bangunan.

Gypsum kena Rayap

Gypsum kena Rayap


Terkait dengan gambar diatas, rangka plafon terbuat dari baja ringan pun tidak menjamin terhindar dari kerusakan akiban serangan rayap. Anda tentu tahu, bahwa lapisan gypsum bagian atas terbuat dari kertas ( mengendung selulosa ). Sesuai pengalaman kami dalam menangani Anti Rayap, bangunan yang menggunakan rangka baja ringan baik atap maupun rangka plafonnya akan lebih cepat terkena serangan pada gypsumnya. Gambar diatas kami ambil pada salah satu klien kami di daerah Rancho, Jakarta Selatan. Rumah tersebut menggunakan rangka baja ringan akan tetapi dengan leluasa rayap mengalihkan serangannya pada gypsum. Hampir semua gypsum di lantai 1 bangunan tersebut terkena serangan rayap.

Rayap menyerang lebih ganas

Rayap Menyerang Gypsum

Rayap Menyerang Gypsum

Pada dasarnya rayap tidak akan memakan bahan lain selain selulosa ( zat inti kayu). Bisa Anda sebutkan berapa prosentase penggunaan bahan dasar kayu di rumah Anda…?tentunya tidak mungkin dihilangkan bukan…???Sebagian besar Baju yang Anda kenakan…terbuat dari bahan selulosa, kitchen set, parket, lis, kusen, tangga kayu, buku-buku ( arsip ), rak, lemari, dus atau bahkan uang kertas semuanya mengandung selulosa. Belum lagi gypsum, furniture dan masih banyak lagi. Selain unsur dalam perabot rumah tangga jangan lupakan tanaman yang ada pada halaman rumah Anda…atau bahkan rumputpun tidak luput dari serangan rayap.
Jika bangunan Anda menggunakan rangka baja ringan, bisa dipastikan rayap akan menyerang bagian lain dengan lebih cepat. Anti Rayap selalu dikonotasikan pada rangka atap dan fondasi, sebenarnya penggunaan zat anti rayap dibutuhkan untuk melapisi struktur banguanan yang terbuat dari kayu dan untuk melindungi perabot yang ada di dalam rumah. Bisa dibayangkan….jika arsip penting Anda yang tersimpan rapi di dalam lemari tiba-tiba rusak termakan rayap!!!!Andapun tidak menyangka hal ini bisa terjadi tapi perlu diingat rayap merupakan hewan pengganggu rumah yang paling sulit untuk diditeksi keberadaannya. Menyerang full day tanpa kenal lelah. Di saat Anda tertidurpun, rayap akan terus mengintai bangunan Anda.

Leave a Reply