Anti Rayap pada awal bangunan

Friday, 21. January 2011


Pentingnya Penggunaan Anti Rayap pada awal bangunan

Serangan rayap pada bangunan perumahan didominasi oleh rayap jenis Coptotermes,sp atau Rayap Tanah. Kerusakan yang ditimbulkan oleh rayap jenis ini juga sangat cepat menjalar ke seluruh sisi bangunan.
Sesuai dengan sebutannya “Rayap Tanah”, rayap jenis ini memang bersarang ditanah dan mempunyai karakter bergerak vertikal. Rayap ini mampu menembus celah dinding 1/64 inci dengan kekuatan simbiosisnya ( jamur ) sehingga penghalang bisa menjadi lapuk dan rayap cepat bergerak menuju “sasaran”.


Penyebab Banyaknya Populasi Rayap di Perumahan

Seperti telah kita ketahui bersama, makanan rayap hanyalah sellulosa( zat inti kayu ) yang sampai saat ini menjasi komponen penting dalam pembangunan perumahan. Unsur kayu selain dikenal karena elastisitasnya juga bisa menyerap hawa panas sehingga rumah menjadi terasa sejuk dan asri. Untuk itulah, bagi Anda yang baru saja mengawali pembangunan rumahnya…coba perhatikan sisa-sisa kayu yang ada di proyek rumah Anda, Seperti contoh gambar dibawah ini :

Sisa kayu di proyek bangunan rumah Anda

Sisa kayu di proyek bangunan rumah Anda

Sebelum Anda mem”protect” bangunan dengan memanggil Jasa Anti Rayap, sebaiknya mandatkan mandor/tukang bangunan Anda untuk membersihkan sisa-siya kayu yang ada pada lantai kerja rumah Anda. Kebiasaan yang sering terjadi sisa kayu yang tidak terpakai, selalu dibiarkan begitu saja dan lebih fatal lagi jika kayu-kayu tersebut ditimbun dibawah permukaan lantai rumah Anda. Hal ini dipastikan akan mengundang rayap untuk berkumpul di bawah permukaan rumah Anda. Alangkah baiknya jika sebelum flooring / pemasangan keramik, coba pastikan sisa kayu dibersihkan terlebih dahulu.

Rayap selalu membutuhkan makanan, rayap pekerja bekerja 24 jam sehari. Bangunan belum jadi-pun akan terserang rayap. Jadi tidaklah mengherankan jika pada saat bangunan sudah finished, rayap-pun mulai start menyerang dan kadang sebagian bangunan malah sudah terkena serangan rayap. Hal ini bisa terlihat pada gambar dibawah ini :

Rayap mulai menyerang pada awal bangunan

Rayap mulai menyerang pada awal bangunan

Jalur rayap sudah terlihat sekalipun bangunan baru setengah jadi. Seakan-akan rayap tidak sabar untuk memangsa setiap sudut rumah Anda. Rayap naik pada permukaan dinding bata dengan dilindungi oleh terowongan tanah yang dibuat rayap untuk melindungi tubuhnya. Seperti kejadian pada proyek kami pada gambar diatas, rayap sudah mulai menyerang rangka kayu dan plafon sebelum rumah itu jadi.

Dengan melihat fenomena di atas, alangkah baiknya jika Anti Rayap digunakan dan di barengi oleh tingkat kebersihan lantai dasar dari sisa-sisa kayu struktur bangunan yang sudah tidak terpakai. Sudah jelas…bahwa Anti rayap dibutuhkan di awal bangunan untuk membentengi rumah Anda dari serangan rayap yang bekerja tanpa kenal waktu untuk menggerogoti investasi kebanggaan Anda.

Brasto, “Jasa Anti Rayap” terpercaya yang  mampu mengatasi masalah rayap pada bangunan Anda…!!!


Leave a Reply